Langsung ke konten utama

Proyek Optika Geometri

Nama          :         Rachmat Yudha Koswara
NIM            :         12306141037
Prodi           :         Fisika B


KONSEP FOKUS DAN PERBESARAN MENGGUNAKAN PRINSIP KAMERA DIGITAL


BAB III
METODE PENELITIAN


A.    Waktu dan Tempat Penelitian
Pengambilan data dilakukan pada tanggal 15 s.d 23 Maret 2014

B.     Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah dengan memanfaatkan lensa cembung , tabung dan karton yang berbentuk kubus yang salah satu sisinya diberi kertas kalkir untuk menangkap hasil bayangan benda melalui tabung yang berisi lensa cembung.

C.    Subyek Penelitian
1.    Variabel Bebas           :         Jarak benda sampai lensa.
2.    Variabel Terikat        :         Jarak bayangan dari lensa ke layar dan
perbesaraannya.
3.    Variabel Kontrol        :         Jarak layar ke lensa cembung.

D.   Instrumen Penelitian
1.    Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang digunakan pada proyek ini adalah microsoft office 2010 dan aplikasi format factory.
2.    Perangkat Keras
Perangkat keras yang digunakan dalam penelitian ini adalah laptop dengan spesifikasi Asus A45VD-VX297D Intel Dual Core 2020 M 2.4 GHz NVIDIA GeForce 610M dan Kamera Digital Sony DSC-W230

E.     Alat dan Bahan
1.    Lensa Cembung
2.    Kotak Kardus + Tempat Lensa
3.    Kertas Kalkir
4.    Lakban Hitam
5.    Laser
6.    Spherometer
7.    Sterofoam
8.    Milimeter Block
9.    Alat Tulis

F.      Teknik Analisis Data
1.    Membuat rangkaian alat seperti pada gambar.
2.    Menghitung nilai fokus lensa cembung.
3.    Menghitung nilai jari jari kelengkungan lensa cembung.
4.    Menghitung nilai indeks bias lensa cembung
5.    Menggambar jalannya sinar

G.   Langkah Percobaan
1.    Memotong karton sedemikian hingga menjadi kubus dan membuat tabung untuk tempat lensa cembung.
2.    Memasang kertas kalkir pada salah satu permukaan karton.
3.    Menghitung nilai indeks bias dengan menggunakan laser dengan variasi 3 sudut yang berbeda.
4.    Menghitung nilai fokus dengan menggunakan cahaya dan dicari jarak titik apinya.
5.    Menghitung h untuk memperoleh nilai R ( jari jari kelengkungan lensa ).
6.    Menggambar jalannya sinar pada milimeter blok.

H.   Desain Proyek
BAB IV
ANILISIS DATA DAN PEMBAHASAN

A.    Data Hasil Pengamatan

1.    Pengukuran Jari Jari Kelengkungan Lensa Menggunakan Spherometer.


Ø  h = 1.63 mm
Ø  d = 4 cm ( jarak kaki satu ke kaki lainnya )
Ø  Ketidakpastian dari spherometer = 0.0005 mm
Ø  Untuk menghitung R digunakan persamaan :

Ø Nilai R :
2.    Mengukur Jarak Fokus Lensa Cembung
Pengukuran jarak fokus lensa cembung menggunkan bantuan sinar cahaya lampu dan lensa diletakkan tepat dibawah lampu, kemudian di bawah lensa terdapat titik api. Titik api terfokus itulah jarak fokusnya. Jarak fokus yang didapatkan adalah 200 mm atau 20 cm.

3.    Mengukur Ketebalan Lensa.
Pengukuran ketebalan lensa cembung digunakan mikrometer sekrup dan dihasilkan nilai 4.89 mm dengan nilai ketidakpastian 0.005 mm

4.    Pengukuran Indeks Bias Menggunakan Laser denan Variasi 3 Sudut













Ø Untuk mencari nilai indeks bias digunakan persamaan hukum Snellius :


Ø Dan dari gambar didapatkan persamaan :





   
   
   
   
   
   

Ø Dan dari persamaan diatas dapat diperoleh persamaan Snellius :


Ø Dapat dijabarkan lagi dari hukum Snellius diatas menjadi :

         
         





Ø Substitusi persamaan yang ada di atas :


d = pergeseran sinar

Ø Didapatkan persamaan indeks bias lensa yaitu :
Ø Berikut persamaan ketidakpastiannya :



Ø Setelah dilakuakn perhitungan menggunakan Microsoft Excel diperoleh hasil indeks bias sbb :
No
Sudut
Indeks bias (n)
Ketidakpastian indeks bias
1
1.447
0.157
2
1.466
0.112
3
1.506
0.089






Ø Dan setelah dilakukan uji diskripansi diperoleh hasil indeks bias :

n   = 1.4833
∆n = 0.004

Ø  Cara lain untuk menghitung indeks bias adalah :

n = 1.41

Ø Dari kedua persamaan yang ada didapatan nilai indeks bias yang hampir sama yaitu kisaran 1.4



5.  Data perhitungan perbesaran

Benda
S ( cm )
S’ ( cm )
h’ ( cm )
h ( cm )
Jam Beker
126
24
3
15.5
97
25
4
68
26.5
5.8

Ø  Data 1
M =  =  = 5.16
M =  =  = 5.25

Ø  Data 2
M =  =  = 3.875
M =  =  = 3.88

Ø  Data 3
M =  =  = 2.67
M =  =  = 2.56

Ø  Perbesaran bayangan dari nilai jarak benda dan tinggi benda relatif sama


6.    Jalannya Sinar ( Terlampir )











 . BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


1.    Kesimpulan
·        Nilai Indeks Bias dapat dihitung dengan menggunakan beberapa cara dan hasilnya relatif sama.
·        Dengan menggunakan lensa cembung, bayanganan yang tertangkap pada layar menjadi terbalik.
·        Prinsip dari proyek ini memang hampir mirip dengan prinsip kamera digital.
·        Tidak selalu nilai R = 2 kali jarak fokus.
·        Perbesaran yang terbentuk tergantung dari jarak benda ke lensa cembung.


2.    Saran.
·        Pada proyek Optika Geometri ini mungkin banyak sekali kekurangan , tetapi penulis sudah melakukan percobaan dengan semaksimal mungkin , dan harapannya di proyek selanjutnya bisa lebih baik dari proyek proyek sebelumnya.
·        Pada penggambaran jalannya sinar, penulis belum terlalu mahir menggambarkan jalannya sinar karena mungkin kerangka acuan/sumber literatur yang ada belum terlalu dikuasai.


3.    Daftar Pustaka

Al-Azawi, Abdul. 2006. Physical Optics . Canada : Algonquin College

Smith, Warren J. 2008. Modern Optical Engineering. USA: The McGraw-Hill Companies, Inc


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Gelar Akademis di Indonesia

Untuk Jenjang Diploma: Ahli Pratama (A.P.) - D1 Ahli Muda (A.Ma) - D2 Vokasi (D3) Ahli Madya (A.Md) Untuk Jenjang Sarjana:   Gelar Sarjana (S1): Sarjana Sastra (S.S) Sarjana Humaniora (S.Hum) Sarjana Hukum (S.H) Sarjana Ilmu Politik (S.I.P) Sarjana Ilmu Sosial (S.Sos) Sarjana Psikologi (S.Psi) Sarjana Kedokteran (S.Ked) Sarjana Kedokteran Gigi (S.K.G) Sarjana Pertanian (S.P) Sarjana Teknologi Pertanian (S.T.P) Sarjana Peternakan (S.Pt) Sarjana Perikanan (S.Pi) Sarjana Kehutanan (S.Hut) Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) Sarjana Sains (S.Si) Sarjana Sains Terapan (S.ST) Sarjana Teknik (S.T) Sarjana Komputer (S.Kom) Sarjana Seni (S.Sn) Sarjana Pendidikan (S.Pd) Sarjana Agama (S.Ag) Sarjana Farmasi (S.Far/S.Farm) Sarjana Pariwisata (S.Par) Sarjana Ekonomi (S.E) Sarjana Arsitektur (S.Ars) Sarjana Theologi Islam (S.Th.I) Sarjana Filsafat Islam (S.Fil.I) Sarjana Sosial Islam (S.Sos.I) Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) Sarjana Ilmu Komunikasi (...

Sedikit Tentang Bass Guitar

Sebagian orang mungkin menganggap bermain gitar dengan segala tekniknya lebih menarik dan lebih keren daripada bermain bass. Tapi, sebenarnya bermain bass lebih asyik dan memiliki daya tarik tersendiri saat kita mendengarkannya secara solo. Bagi kalian yang ingin belajar teknik dasar bagi bassis pemula, berikut blogger sajikan di bawah ini. Sebelum belajar bermain bass alangkah baiknya kalau terlebih dahulu belajar bermain gitar, karena sebagian besar orang yang bisa bermain bass bisa bermain gitar, tetapi sebagian yang bisa bermain gitar, belum bisa bermain bass. Sebaiknya, kita cari tahu dulu segala sesuatu tentang bass. Gitar bass elektrik (biasa disebut Bass elektrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (dibandingkan dengan gitar yang memiliki enam senar). Bobot dari bass sendiri ideal...

Biru Putih Sahabatku

Masa SMP kuuuuuuu :) Iniah ceritaku selanjutnya ,, Pada sekitar tahun 2006 aku lulus dari jenjang sekolah dasar, dan aku juga ingin melanjutkan pendidikanku ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ya tentu saja .... Aku lulus dari sekolah dasar dengan nilai yang sangat memuaskan, jadi aku bisa memilih SMP favorit yang aku suka di kotaku. Waktu itu sekolah SMP favorit di kotaku adalah SMP N 1 Sumpiuh. Namun karena letaknya yang agak jauh dari rumahku dan harus melewati jalan raya, aku berencana masuk ke SMP kedua di kotaku yaitu SMP N 2 Sumpiuh yang jaraknya lumayan dekat dan bisa ditempuh lewat jalan desa. Teman teman dari SD ku rata rata melanjutkan di SMP N 2 Sumpiuh dan hanya sedikit yang meneruskan di SMP N 1 Sumpiuh. Waktu itu sekitar pukul setengah 1 siang aku diantar ibuku membeli formulir di SMP N 2 Sumpiuh. Dan karena sudah siang maka sekolahannya pun sudah tutup dan aku aharus kembali lagi besok. Namun karena ayah dan ibuku memberi masukkan kepadaku...